Thursday, May 24, 2012

Tips Sederhana Biar Lulus AcEPT UGM

Lega rasanya ketika barusan melihat pengumuman hasil AcEPT-ku yang sudah memenuhi syarat untuk kelulusan S2. Dengan lulusnya AcEPT berarti sekarang saya tidak mempunyai kendala lagi untuk meluluskan S2 saya semester ini.

Nilai AcEPT minimal yang dibutuhkan sebagai syarat kelulusan S2 adalah 209, sedangkan saya sudah mendapat lebih besar dari itu. Walaupun cuma dapat nilai 224 tetapi tidak apa-apa lah, yang penting sudah cukup untuk memuluskan perjalananku untuk keluar dari UGM ini.

Oh ya. Mungkin ada yang belum mengerti apa itu AcEPT. Mari kita bahas sedikit.  AcEPT adalah kependekan dari Academic English Proficiency Test, Sejenis metode tes bahasa Inggris yang diadakan oleh UGM untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris mahasiswanya. Semua mahasiswa UGM harus mempunyai nilai AcEPT minimal 209 sebagai syarat kelulusan dari UGM. Jika tidak memenuhi syarat minimal tersebut maka mahasiswa tidak diijinkan mengikuti ujian akhir pendadaran.

Jumlah Soal AcEPT ini sebanyak 170 butir dan semuanya dalam bentuk pilihan ganda. Terdiri dari 5 kelompok jenis soal yaitu: Listening Comprehension (20 butir soal)Vocabulary (30 butir soal), Grammar and Structure (40 butir soal),  Reading Comprehension (40 butir soal),  Composing Skills (40 butir soal).

Dari pengalaman saya, tes AcEPT ini ternyata lebih mudah dari Tes TOEFL dan IELTS. Porsi soal listening dibatasi hanya 20 soal. Sangat menguntungkan bagi saya yang memiliki kemampuan jelek yang kronis di listening. :-)

Saya baru sekali ini ikut tes AcEPT dan kebetulan saja lulus. :-) . Trik yang saya gunakan sebenarnya tidak banyak, cuma dua yaitu mencari struktur kalimat yang lengkap dan menebak yang baik. :-) . Kedua trik tersebut saya gunakan untuk semua kelompok jenis soal, termasuk untuk soal listening.

Dalam sebuah kalimat bahasa Inggris minimal harus mempunyai pokok kalimat (subject) dan Predikat (verb). Syukur kalau ada pelengkap penderita (object) dan keterangan lainnya. Sebagai contoh mari kita melihat sebuah kalimat panjang seperti di bawah ini:  

"A ship built by a billionaire businessman sped toward the International Space Station with a load of groceries and other supplies Tuesday after a spectacular, middle-of-the-night blastoff"

Sebenarnya kalimat panjang tersebut berawal dari sebuah kalimat inti yaitu "A ship sped toward the International Space Station", sedangkan kata-kata lain hanya sebagai keterangan pelengkap untuk menjelaskan kalimat inti tersebut. Jika anda sudah mampu mengidentifikasi kalimat inti dari sebuah kalimat yang panjang, saya yakin anda akan mampu menaklukkan AcEPT ini karena itu membuktikan bahwa anda sudah mampu mengidentifakasi subjek dan predikat sebuah kalimat.

Makanya dalam memilih jawaban yang benar kita harus memerhatikan dulu apakah jawaban itu mengandung minimal subjek dan predikat?. Kalau tidak, berarti pilihan itu sudah pasti salah. Biasanya pilihan jawaban yang salah akan terlihat aneh dan tidak logis karena struktur kalimatnya tidak lengkap.

Menebak yang baik juga merupakan salah satu trik yang sangat penting untuk memenangkan tes ini. Nilai anda tidak akan dikurangi ketika jawaban anda salah, maka jangan sisakan lembaran jawaban anda kosong. Saya sarankan kepada anda untuk tidak menebak jawaban secara acak, apa lagi pakai ngitung kancing baju segala. :-D

Dalam empat pilihan jawaban yang tersedia, A B C D, anda harus menentukan jawaban yang mana yang akan dipilih jika anda perlu menebak jawaban. Kalau memilih jawaban "A" maka pilihlah jawaban yang sama untuk semua jawaban tebakan anda yang lain. Kalau saya kemarin memilih pilihan "B" untuk semua jawaban tebakan saya.

Saya merekomendasi demikian karena jika anda menebak jawaban secara acak bisa jadi semua tidak kena. Tetapi jika anda menebak satu jawaban yang sama, misalnya B untuk semua jawaban tebakan. Saya yakin ada beberapa jawaban benar yang akan kena.

Untuk soal yang kira-kira anda bisa menjawabnya, tidak mengapa jika anda menghabiskan waktu sedikit lama untuk memikirkan soal-soal tersebut, karena untuk mendapatkan nilai AcEPT sebesar 209 kita memang tidak perlu menjawab semua soal. Kita hanya perlu menjawab 50% dari keseluruhan soal dengan benar. Jadi jangan memaksakan diri untuk berusaha mengerjakan semua soal yang diberikan jika tidak mampu. Baca saja soal-soal yang anda anggap bisa dengan santai.

Pengalaman saya kemarin, rata-rata 10 soal terakhir untuk setiap kelompok soal tidak sempat saya baca. Maklum, soalnya lumayan banyak dan panjang-panjang. Nah, di situlah senjata pamungkas saya keluarkan, jawaban 10 soal terakhir saya pilih "B" semua. :-) .

Saya rasa ini tips bagi teman-teman yang bahasa Inggrisnya pas-pasan seperti aku ini. Bagi teman yang bahasa Inggrisnya sudah bagus saya rasa tidak perlu tips apa-apa karena metode tes ini tidak jauh beda dengan metode tes bahasa Inggris lainnya.

Ngomong-ngomong, jadi malu juga ya sudah S2 kemampuan bahasa Inggrisnya jelek begini. Oleh karena itu, di akhir kata saya mengajak teman-teman untuk tetap mengasah kemampuan bahasa Inggris kita walaupun sudah lulus tes AcEPT. OK

O ya. Bagi yang sudah menyetor uang pendaftaran AcEPT kemudian tidak jadi ikut tes karena sudah lulus bisa menarik kembali uangnya, dengan syarat slip pembayarannya belum digunakan untuk mendaftar tes. Caranya dengan membuat surat pengajuan pengembalian uang (refun) ke Direktur DAA UGM. Format suratnya bebas. Jangan lupa lampirkan slip pembayaran dan fotokopi buku rekening bank. Uang nanti akan ditransfer ke rekening tersebut.

Demikian selamat mencoba, semoga sukses. Bagi yang ingin mendaftar tes AcEPT silakan berkunjung ke sini.

21 comments:

  1. makasih pak buat infonya...tapi judulnya tu lho pak diganti piye???? jgn 'goblok' dongs..

    ReplyDelete
  2. thank you pak, sangat membantu. Semoga tes acept sy bisa lulus dengan nilai yang memuaskan. amin...........

    ReplyDelete
  3. Keren tipsnya berguna bgt bagi aku yg sekarang lagi menanti pengawas Acept masuk ke ruangan dan iseng brosing2 sebelum akhirnya test :)

    ReplyDelete
  4. Wkwkwk....
    Sempat-sempatnya nge-net. Bisa lupa materi belajarnya.
    Coba buka ini sekalian http://www.acept-ugm.com/
    Tadi saya ketemu website itu, sepertinya bagus :-)

    ReplyDelete
  5. terima kasih atas info ini.... semoga saja Alloh menunjukan jalan untuk lulus test ini. dan trik ini akan memudahkan dalam mengerjakan tugas. untuk info ini sukses selalu dan sgt positif memberikan yang terbaik dan sangat membantu dalam menata mental yg akan siap tempur.... wassalam

    ReplyDelete
  6. terima kasih infonya... numpang tanya, no rekening bni yg dimaksud untuk pembayaran itu yg mana ya? di web nya tidak ada. terimakasih infonya

    ReplyDelete
  7. Tinggal ke BNI aja. Tinggal bilang ke teller mau bayar biaya ikut Acept UGM. BNI -UGM sudah kerjasama, jadi kita tinggal bayar aja ke teller..

    ________________________________

    ReplyDelete
  8. saya kemaren ikut tes masuk pascasarjana jalur BPPDN,,alhadulillah TES ACEPT saya lulu2 dg score 397, cuma saya belum beruntung d tes PAPS karna cuma dapat 444. insyaallah tahun depan mw d coba lagi.

    ReplyDelete
  9. Top infonya, lagi persiapan masuk Pasca UGM ini? Sebenarnya PAPs dan AcEPT disyaratkan sebelum masuk S2 UGM atau syarat pendadaran / wisuda sih?

    ReplyDelete
  10. Kalau PAPs disyaratkan sebelum masuk, namun kalau AcEPT ada toleransi sampai pendadaran jika pada tes awal kita ga lulus. begitu pengalaman saya dulu, sekarang mungkin saja berbeda. Tanyakan langsung ke Jurusan Mas.

    ReplyDelete
  11. besok saya mau tes acpet nih...
    belajar belajar belajar

    ReplyDelete
  12. Referensi yang bagus, boleh dicoba. besok rabu tes AcEPT. Semoga lulus tes, dan wisuda Agustus. Amin.

    ReplyDelete
  13. makasih sharingnya dlm menaklukkan AcEPT, semoga berkat sharingnya saya juga bisa menaklukkan AcEPT, maklum saya juga kurang menguasai bahasa Inggris, selamat telah berhasil dan sukses selalu.....

    ReplyDelete
  14. makasi ya ats bantuan melalui pngalaman anda

    ReplyDelete
  15. saya pengen lanjut S2 pak,, tapi bingung ini yang di tuliskan sama masnya syarat utamanya selain tes tofel, Tapi kok ini saya perhatikan bisa nyusul >> gimana ceritanya y mas

    ReplyDelete