Wednesday, February 25, 2015

Sakit Kepala ? Panadol Juga Ada Di Taiwan

Saya termasuk orang yang paling sering sakit kepala. Kalau di Indonesia saya sering mengkonsumsi Paramex untuk membunuh rasa nyeri itu. Namun ketika berada di Taiwan saya selalu mengkonsumsi Panadol ketika sakit itu datang. Nah, tidak asing bukan dengan kata Panadol itu ? Ya, ternyata di Taiwan juga ada Panadol. Sama seperti di Indonesia.

Awalnya saya kaget mendengarnya. Ketika sakit kepala datang dan stok Paramex bawaan dari Indonesia telah habis, saya menanyakan ke teman Taiwan tentang obat yang mungkin saya minum untuk menyembuhkan sakit kepala saya. 

Pertama mereka menjawabnya dengan logat Mandarin dengan kata 普拿疼 (dibaca Pǔ ná téng). Saya bingung mendengarnya. Obat apaan itu. Melihat aku bingung kemudian mereka menyebutnya dalam versi Inggrisnya dengan kata Panadol. "Hah, di sini ada Panadol ya ?," tanya saya heran. Waduh, saya kira cuma di Indonesia saja ada Panadol. Wajar saja saya berpikir demikian, karena kata Panadol itu kan Indonesia banget, setara seperti kata Saridon. 

Faktanya lagi ternyata Panadol termasuk obat sakit kepala terlaris di Taiwan. Kalau saya bilang sakit kepala di depan teman Taiwan, kalau tidak disuruh ke rumah sakit ya pasti dianjurkan minum Panadol. Merek lain belum pernah kudengar dari mulut mereka. Jadi saya sekarang selalu menelan Panadol ketika sakit kepala datang.

Walaupun demikian, sebaiknya bawalah obat dari Indonesia kalau situasi memungkinkan. Seperti saya misalnya, saya pulang enam bulan sekali dan sebaiknya memang harus membawa obat yang kira-kira cukup untuk enam bulan. Namun kadang saya lupa pas mau berangkat, makanya stoknya bisa kosong untuk semester ini. Jadi harus tetap dibawa, walaupun ada obat Taiwan yang cocok seperti Panadol ini, namun harganya lumayan mahal. 

Harga Panadol sebesar 140 NT per keping yang berisi 10 tablet. Jadi harga per tablet 14 NT atau 5,628 Rupiah untuk kurs hari ini (1 NT = 402 Rupiah). Jadi satu tablet Panadol di Taiwan setara dengan 2 keping Paramex di Indonesia yang berisi 4 tablet. Bayangkan jika terlalu sering sakit kepala. Kan bisa habis itu duit. Maka berhematlah mulai dari hal-hal kecil. Mulai dari Obat sakit kepala saja dulu.
Panadol Taiwan. Di bagian belakang ada tulisan "Panadol"

No comments:

Post a Comment