Saturday, April 18, 2015

Zhēnzhū nǎichá, Minuman Kesukaan Di Taiwan

Dalam bahasa Mandarin dituliskan dengan 珍珠奶茶, sedangkan dalam latin pinyin ditulis dengan Zhēnzhū nǎichá. Kira-kira cara bacanya dengan dialek Indonesia adalah 'cencunaicha". Minuman ini adalah gabungan dari teh (茶), susu (奶), dan bola berwarna coklat terbuat dari ketan yang disebut dengan pearl (珍珠).

Minuman ini juga dikenal dengan bubble tea, karena memang bentuk bola ketan itu mirip gelembung (bubble). Saya lebih suka menyebutnya dengan nama ini daripada Zhēnzhū nǎichá.

Sudah jelas, rasanya tentu rasa teh susu, tidak jauh berbeda dengan teh susu di tempat kita. Namun yang membuat unik adalah adanya bola ketan seukuran ujung telunjuk orang dewasa. Bola-bola ketan itu akan ikut bersama teh susu ketika kita menyedotnya. Wujudnya yang kenyal dan sedikit gurih membuat saya keseringan membeli minuman khas Taiwan ini.

Ketika kita membeli minuman ini, kita akan ditanyakan banyaknya gula dan es yang kita inginkan. Untuk gula, saya memilih skala 1 yang artinya sedikit gula. Saya juga tidak mau es. Standar gula paling tinggi adalah skala 5. Untuk skala 1 gula tampa es saya harus membayar 40 NT. Bila ingin lebih banyak gula dan es tentu akan mahal sedikit lagi.
Pelayan bubble tea sedang melayani pelanggan

Bubble tea sudah siap disajikan

No comments:

Post a Comment