Sunday, September 7, 2014

Komunikasi Dari Taiwan Ke Indonesia Dengan Chunghwa Telecom

Ketika kita tiba di luar negeri tentunya yang pertama dibutuhkan adalah kartu perdana telepon seluler. Alasannya adalah untuk memberitahukan kaluarga atas ketibaan kita di tempat tujuan.

Kartu Telkomsel Indonesia tetap masih bisa digunakan di Taiwan karena mereka sudah menjalin kerjasama dengan penyedia pelayanan telepon setempat (Taiwan Mobile). Namun harga roamingnya masih terlalu mahal. Untuk menyiasati itu maka ketika tiba di bandara di Taiwan bercepat-cepat lah untuk membeli kartu perdana Taiwan.

Saya dari awal ketibaan dulu memilih Chunghwa Telecom untuk pelayanan komunikasi saya baik sesama teman di Taiwan maupun dengan keluarga di Indonesia.

Walaupun dulu saya tidak sengaja memilih Chunghwa, namun dengan pelayanan yang saya rasakan sampai sekarang saya belum menggantikannya ke penyedia lain. Saya diuntungkan dengan tarif murah dari Chunghwa untuk telepon ke Indonesia.

Untuk menelepon ke luar negeri Chunghwa memberikan jalur khusus dengan menambahkan nomor 019 sebelum nomor tujuan. Misalnya nomor yang dituju adalah +6285212345678, maka ditambah 019 menjadi 0196285212345678.

Untuk ukuran telepon keluar negeri ( Taiwan - Indonesia), tarifnya sungguh sangat murah. Bahkan lebih murah dibandingkan dengan telepon reguler dalam negeri (tanpa promo) di Indonesia sekalipun. Apalagi untuk hari Sabtu dan Minggu, Tarif Chunghwa murahnya sungguh gila-gilaan.

Tidak hanya untuk telepon, satu kartu Chunghwa ini sekaligus saya gunakan untuk internet. Ada beberapa paket internet yang ditawarkan namun saya hanya memilih paket 1Gb untuk 2 bulan dengan harga 180 NT.

Untuk saya 1Gb dalam 2 bulan adalah lebih dari cukup karena saya sering di lab. Saya hanya mengaktifkan internet di hp saya jika sedang di luar saja. Ketika sedang berada di Lab dan asrama maka Mobile Data di hp saya matikan dan Wi-Fi saya aktifkan untuk mendapatkankan pelayanan gratis.

Untuk membeli kartu perdana Chunghwa kita hanya dimintai paspor asli dan KTP Indonesia Asli. Mereka hanya mengambil sebentar untuk pencocokan data. Jangan lupa ketika membeli agar meminta kepada pelayan untuk menggantikan bahasa pelayanan ke Bahasa Indonesia atau Inggris karena bagi pendatang baru tentu akan kesulitan mengisi pulsa nantinya mengingat bahasa bawaan dari kartu ini adalah Mandarin.

No comments:

Post a Comment