Saturday, December 13, 2014

Model biomekanik di Grabcab

Jika kita mengambil bidang penelitian tentang biomekanik hal yang paling sulit adalah membuat modelnya.Hal ini karena bagian tubuh manusia sangat sulit digambarkan dengan bantuan software karena bentuknya yang tidak teratur, sedangkan jika ingin menggambar sebuah model maka kita membutuhkan geometri yang teratur.

Karena bentuknya yang sulit, yang sering dilakukan adalah dengan men-CT scan bagian tubuh manusia yang akan dianalisa kemudian baru dikonversikan ke software desain, seperti Solidwoks, Catia, dan lain-lain untuk proses analisa.

Di internet sudah sangat banyak beredar hasil-hasil CT-Scan dari tulang-tulang manusia yang sudah siap digunakan. Yang bagus biasanya memang kita harus beli, namun ada juga yang gratis tapi sudah layak pakai.

Salah satu website yang menawarkan model-model biomekanik adalah GrabCab. Di website ini banyak sekali para enjinir di seluruh dunia dengan senang hati menbagikan hasil karyanya.  Di sini kita dengan bebas mengunduh model-model biomekanik dari seluruh organ tubuh, seperti kaki, lutut, kerangka manusia, model sendi lutut tiruan, model tulang tibia, tulang femur, dan lain sebagainya.

Jenis filenya ada dalam bentuk IGES atau IGS yang bisa langsung bisa kita import ke Abaqus atau ANSYS. Dan ada juga dalam bentuk file Solidwork atau Catia.

Untuk mengunduh file yang ada di GrabCad, kita harus mendaftar dulu menjadi anggota di laman ini. Setelah kita mendaftar maka file dapat diunduh secara bebas dan gratis.

Jika anda butuh silakan berkunjung ke https://grabcad.com/home. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment