Tuesday, December 9, 2014

Kali Pertama Memenangkan Undian Setruk Belanja Di Taiwan

Setruk belanja, pernah ya kalau kita belanja di supermarket atau di mana saja yang agak modern sedikit kan pasti dikasih setruk setelah kita membayar. Yang tertulis di setruk itu biasanya jumlah total yang harus kita bayar, jumlah uang yang kita kasih ke kasir, dan jumlah kembaliannya. Itu di Indonesia.

Di Taiwan ada yang unik, bukan hanya nominal uang yang tertulis di setruk tapi juga disertai dengan nomor undian dari Kementerian Keuangan. Orang Taiwan menyebutnya dengan 發票 (Fāpiào). Nomor itu akan diundi tiga bulan sekali dan siapa yang menang akan bisa menukarkannya ke kantor post untuk diuangkan.

Jumlah uang yang kita dapat tergantung  nomor undian kita dapat di nominal berapa. Untuk mengetahui menang apa tidak kita bisa mengeceknya di website kementerian keuangan Taiwan (http://www.etax.nat.gov.tw/etwmain?site=en).

Walaupun tidak banyak, bulan ini saya patut bersenang. Tiga digit di salah satu setruk belanja saya sesuai dengan di pengumuman, maka saya mendapatkan 200 NT. Alhamdulillah lumayan, bisa cukup  untuk dua hari makan. He. Saya barusan menukarnya di kantor pos di belakang kampus. Sangat mudah ternyata, cuma datang ke konter tinggal menyerahkan saja setruk itu, ARC, dan nomor telepon. Maka uang langsung dikasih, 200 NT. Lumayan lah dari pada setruk dibuang-buang.

Kata teman, setruk ini juga bisa ditukar di minimarket Seven Eleven (7 Eleven). Cuma di sana tidak bisa diambil dalam bentuk uang, melainkan kita harus mengambil barang sejumlah uang yang kita menangkan. Kalau saya lebih baik ke kantor Post saja, dapat uang tunai dan bisa beli apa saja.

Bulan ini mungkin 200 NT dulu buat latihan, mungkin ke depan bisa dapat yang 10 juta NT, Amin. Pulang S3 langsung kaya, Ha.

Perlu diketahui juga tidak semua toko memiliki setruk berundian ini. Saya tidak tahu juga apa kriterianya sehingga sebuah toko memiliki setruk berundian. Kadang-kadang tokonya keren dan gede tapi kok tidak mempunyai undian ini.

Untuk berbelanja, saya lebih memilih toko yang memiki undian ini. Kan kasian buang-buang rejeki.