Sunday, March 15, 2015

Asus X450JN, Laptop Baru Tapi Error

Sebuah laptop baru saja saya beli satu bulan yang lalu, mereknya ASUS X450JN, namun tingkahnya sangat menjengkelkan. Pertama muncul garis di layar desktop ketika ganti tampilan. Anehnya, garis itu hilang kalau mos digerakkan. Setelah melapor ke toko tempat saya beli, saya disarankan untuk menginstal ulang OS. Saya menurutinya. Namun setelah OS diinstal ulang malah masalahnya bertambah. Laptop saya kadang-kadang sekarang tidak bisa booting, muncul layar hitam dengan kata-kata "A disk read error occured Press Ctrl+Alt+Del to restart. Sementara garis di layar desktop masih tetap ada.

Laptop itu saya bawa ke Taiwan, berharap mungkin masalah itu bisa hilang dengan sendirinya. Betapa hancur hatiku pada suatu hari ketika ingin mengerjakan tugas kuliah, keyboard tidak bisa bekerja. Dalam kondisi panik itu saya ingin mencoba instal OS lain saja. Siapa tahu OS-nya yang bermasalah. Bukan membaik, malah masalah bertambah lagi. Sedang asyik-asyik bekerja, komputer langsung restart sendiri dan muncul error layar biru (error blue screen).

Pada saat itu saya masih mengira yang rusak adalah OS-nya, siapa tahu ASUS tipe baru agak selektif dengan  OS yang tidak jelas asal muasalnya. Maka saya membeli Windows di www.microsoftstore.com untuk mendapatkan windows berlisensi. Saya membelinya dengan harga lumayan murah karena bisa beli melalui email kampus dengan domain @kuas.edu.tw. Harganya Rp. 650,000, Windows 8.1 Pro for Student.

Setelah instal, laptop saya berjalan normal. Namun setelah beberapa saat ternyata masalah timbul lagi. Garis di desktop datang lagi. Sebenarnya garis itu tidak mengganggu kerja saya. Cuma bikin malu saja kalau pas presentasi garis di desktop yang kadang-kadang muncul dan tidak nyaman.

Akhirnya saya memutuskan untuk membawanya ke service center Asus yang berada Kaohsiung Main Station. Letak service center ini tidak begitu jauh dari stasiun Kaohsiung, kira-kira 600 meter ke Timur. Dari Stasiun Kaohsiung jalan kaki 10 menit sampai. Beruntung garansi dari Asus yang saya beli bersifat global, jadi berlaku ke seluruh dunia.

Sudah dua hari ini laptop saya tidur di service center itu. Kalau sudah siap katanya nanti saya ditelpon.

Tidak bisa booting

Muncul garis putih ketika ganti tampilan

Suasana di dalam Asus Service Center Kaohsiung Taiwan

No comments:

Post a Comment