Friday, October 9, 2015

Anjungan Pustaka Mandiri Di NKUAS Kaohsiung, Taiwan

Untuk mengajak mahasiwa agar gemar membaca buku memang tidak mudah. Saya sendiri sampai sekarang belum tahu bagaimana caranya membuat orang agar mau membaca buku. Ditambah lagi saya juga masih tergolong malas membaca, alih-alih mengajak orang lain. Kegemaran saya dalam menulis justru lebih besar ketimbang membaca.

Namun bagi pemangku kebijakan yang bertanggungjawab terhadap keberlangsungan suasana intelektual di kampus, tentu tidak boleh kahabisan akal dalam membuat sesuatu yang dapat mengundang mahasiswa untuk giat membaca.

Salah satu contoh, apa yang dilakukan oleh kampus National Kaohsiung University of Applied Sciences (NKUAS) baru-baru ini. NKUAS menyediakan stasiun buku swalayan atau book self service station yang aktif 24-jam. Saya lebih suka menyebutnya dengan anjungan pustaka mandiri (APM).

APM ini kalau kita lihat sepintas maka bentuknya seperti ATM saja, cuma karena yang mau ditarik adalah buku (bukan uang), maka ukurannya menjadi besar karena harus dilengkapi dengan etalase, sehingga pengguna bisa melihat buku apa saja yang tersedia di anjungan itu.

Selain etalase tersebut, anjungan ini juga dilengkapi dengan sebuah komputer pencarian dan komputer transaksi yang terjalin menjadi satu pada anjungan yang berbentuk segi empat itu. Sehingga jika malas mencari di etalase karena mungkin terlalu tinggi, maka komputer pencarian bisa digunakan.

Untuk mengambil buku, mahasiswa hanya perlu meletakkan kartu mahasiswa pada pemindai serta memasukkan kata sandi. Kemudian memilih buku dengan cara memasukkan nomor etalase di mana buku itu berada, maka buku akan diambil oleh robot dan dikeluarkan melalui jendela check out.

Untuk proses pengembalian ternyata lebih mudah lagi, mahasiswa tinggal memilih menu pengembalian di komputer transaksi, maka jendela check in akan terbuka dan robot akan menarik buku itu ke dalam dan meletakkannya lagi ke etalase semula.

Agar mudah diakses oleh mahasiswa, anjungan ini ditempatkan di lobi gedung utama NKUAS, tempat yang paling strategis di kampus NKUAS. Sehingga siapapun yang masuk pasti akan melihat anjungan ini.

Beberapa kali saya melewati lobi kampus, saya melihat selalu ada mahasiswa yang sedang meminjam buku. Hal ini membuat saya penasaran untuk mencobanya. Tapi sayang, tadi siang kartu mahasiswa saya sedang error. Operator yang kebetulan sedang berada di situ, menganjurkan saya untuk mengecek kartu mahasiswa saya ke perpustakaan pusat. 

No comments:

Post a Comment