Wednesday, October 14, 2015

Pengalaman Membeli Power Bank Di Kaohsiung, Taiwan

Sebuah power bank bermerek Gamax telah saya beli dari sebuah toko yang bernama Kuang Nan di seputaran Kaohsiung Main Stasion tiga minggu lalu.

Merek ini belum pernah saya dengar sama sekali. Saya yakin untuk membelinya karena salah satu teman saya telah lebih dulu memilikinya.

Memang sejak awal membeli smart phone setahun yang lalu, saya berpikir bahwa saya perlu juga membeli baterai daya cadangan itu. Namun, dengan berbagai alasan, saya urung membelinya.

Hati saya tergerak untuk memilikinya ketika saya melihat salah satu teman sudah mempunyai power bank dengan merek Gamax itu. Saya bertanya pengalamannya selama menggunakan power bank dengan merek asing tersebut. Dia bilang bagus, dan tak ada kendala apapun.

Karena toko tempat dia membeli tidak jauh dari tempat kami mengobrol kala itu, maka saya pun langsung melesat ke toko itu, toko yang bernama Kuang Nan. Toko dengan dominasi cat kuning itu dapat dilihat sedari bus menaiki jembatan layang Kaohsiung Main Station.

Power bank yang dipunyai teman saya tadi berukuran kecil dengan daya yang tak begitu besar. Awalnya saya ingin membeli seukuran itu saja, namun ketika sampai di toko itu, saya beralih ke ukuran yang lebih besar dengan daya 10200 mAh. Namun mereknya tetap Gamax.

Selain harga yang tak terpaut jauh, kapasitasnya juga lumayan besar, yang dapat menyuplai power ke telepon pintar saya sampai empat kali pengecasan penuh-penuh.

Sudah sebulan saya gunakan power bank Gamax ini. Dan, saya pun tidak mendapati kendala apapun. Cuma, saya mungkin baru tahu, ternyata pengecasan power bank itu membutuhkan waktu yang lama. Rata-rata empat jam baru penuh. Saya tidak tahu bagaimana power bank dengan merek lain.

Namun tidak mengapa lama. Karena Gamax ini dilengkapi dengan pengaman dari over charge, dia bisa saya tinggal tidur atau pergi tanpa takut meledak karena kelamaan cas.

Selain itu, keselamatan sel baterai yang dipunyai Gamax ini bakal aman dari kerusakan yang diakibatkan oleh short-circuit, hubung singkat. Jadi, dia aman juga jika saya tinggalkan begitu saja di lab saya yang banyak tikus itu. Hubung singkat yang biasanya diakibatkan oleh gigitan tikus tentu tak akan berefek kepada Gamax ini.

Setelah dicas, power bank Gamax ini bisa disimpan tanpa digunakan berhari-hari tanpa takut daya akan habis dengan sendirinya dan harus dicas ulang. Gamax ini aman dari kebocoran daya karena sudah dibekali dengan mekanisme perlindungan dari self-discharge.

Bukan hanya satu, power  bank Gamax ini dibekali dengan dua panel output: dengan 5 Volt/2.1 Amper dan 5 Volt/1 Amper. Kita bisa menggunakan kedua-duanya sekaligus tanpa takut kelebihan beban karena power bank ini juga dibekali dengan pelindung dari overload, kelebihan beban.

Di samping itu, ada yang unik dari power bank ini. Saat kita mau mengecas hape dengannya, kita harus menyalakan powernya dulu agar terdetek oleh hape kita. Setelah terdetek, powernya bisa dimatikan saja dan pengecasan akan terus berjalan.

Dan, saya juga baru tahu, ternyata power bank itu tidak dibekali oleh charger, jadi kita harus menggunakan charger hape yang sudah ada, yang mungkin output powernya bisa berbeda dengan input power Gamax ini. Input powernya sebesar 5 Volt/1 Amper.

Walaupun tidak dibekali dengan charger, tapi seutas kabel power yang panjangnya sejengkal orang dewasa tetap disediakan. Kabel ini dibekali dengan anti-storing yang akan melindungi perangkat Anda dari noise yang diakibatkan oleh gelombang elektromagnetik ketika mengecas hape dengan power bank ini.

Dari power bank Gamax ini, saya sadar bahwa power bank itu tidak melulu digunakan untuk pengecas saja. Jika Anda pulang ke Indonesia yang sering mati lampu, jangan cemas, power bank ini dilengkapi dengan lampu LED yang akan berfungsi sebagai senter nantinya.

O, ya. Saya hampir lupa menyampaikan harganya. Cukup bawa uang sebanyak 990 NTD, maka power bank Gamax yang berkapasitas 10200 mAh akan menjadi milik Anda.

No comments:

Post a Comment