Thursday, November 12, 2015

Keunggulan ATM Di Taiwan

Ada beberapa perbedaan pelayanan antara ATM di Indonesia dengan di Taiwan. Pertama adalah soal biayanya. Ketika kita menarik uang di ATM lain, nasabah hanya dikenakan biaya 5 NTD, atau sekitar 2 ribu Rupiah. Harga ini berlaku untuk semua bank, tidak pandang bulu. Namun jika kita mau gratis, tentu kita harus menariknya di ATM tabungan kita sendiri.

Biaya 5 NTD ini tentu sangat murah jika dibandingkan dengan biaya ATM di Indonesia yang bisa sampai 6500 Rupiah sekali transaksi penarikan. Istimewa pula, biayanya dapat berbeda-beda antara bank yang satu dengan yang lainnya.

Kedua adalah, adanya fasilitas untuk mencetak buku rekening di Mesin ATM. Jadi, jika kita ingin mencetak buku rekening, kita tidak perlu lelah mengantre di teller bank, melainkan tinggal bawa saja buku tabungan ke ATM dan masukkan ke jendela pencetakan buku.

Untuk mendeteksi identitas dari buku rekening, setiap lembaran di buku rekening dilengkapi dengan barcode. Ketika kita meletakkan buku di depan jendela pencetak, maka barcode yang terletak pada tepi atas halaman akan dipindai, kemudian jendela pencetak terbuka dan buku langsung ditarik ke ATM untuk dicetak. Setelah beberapa saat, buku akan dikeluarkan secara otomatis setelah proses pencetakan usai.

Ketiga, dalam satu mesin ATM, kita diberi pilihan beberapa pecahan uang yang berbeda, misalnya apakah kita mau pecahan 100, 200, atau 1000. Kita tinggal memilihnya. Jadi, dalam satu mesin ATM tidak hanya berisi satu pecahan saja seperti di Indonesia.

No comments:

Post a Comment