Monday, June 23, 2014

Trik Membuat Telur Sambal Khas Aceh

Seperti biasa, saya gemar menemani kakak atau ibu memasak di dapur. Pagi ini kakak memasak telur ayam sambal. Telur ayam sambal ini adalah salah satu masakan favoritku jika sedang berada di kampung.

Sebenarnya telur ayam sambal ini bisa juga ditemui di pulau Jawa namun ada sedikit perbedaan. Di Aceh, sebelum disambal telur rebus digoreng terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke sambal. Nah, cara menggoreng inilah yang menjadi ilmu baru bagi saya pagi ini. Begini ceritanya.

Telur pertama-tama di rebus dulu sampai matang betul setelah itu dikelupas kulitnya kemudian digoreng. Pada saat menggoreng, minyak harus sangat panas, sampai minyak terlihat berasap-asap karena telalu panas. Tadi saya sampai kaget dan saya bilang ke kakakku kalau minyak sudah sangat panas. Saya takut minyaknya hangus.

Tapi kakak menanggapinya santai saja."tidak apa-apa memang sengaja saya biarkan begitu," jawab dengan santai, "kalau tidak panas nanti hasil gorengannya tidak bagus, permukaan luar telur tidak akan licin."

"Oh, saya takut kalau minyak gorengnya hangus nanti, ternyata memang harus seperti itu triknya, pantasan telur goreng bagus bangat hasilnya. Licin-licin. Hehehehe," pungkasku mengakui.

Hmmm. Ada yang belum tahu juga?. Kalau saya baru tahu ini. Hehehehehe. Maklum aku kan laki. Hahahahahaha.
Goreng telur
Telur dimasukkan ke sambal
Telur sambal siap disajikan



No comments:

Post a Comment