Friday, April 17, 2015

Lampu dan Keriningan Untuk Kenyamanan Bersepeda Di Taiwan

Bersepeda di Taiwan ternyata berbahaya, bukan menabrak orang tetapi rentan dilanggar sepeda motor. Tidak tahu apa yang dikejarnya, pengendara sepeda motor di Taiwan suka mengebut walaupun di lorong-lorong atau di gang-gang kecil.

Yang paling menakutkan adalah menghadapi pengebut di gang kecil yang kiri-kanannya dibatasi oleh tembok. Sama sekali tidak bisa mengelak seandainya ada sepeda motor yang mengarah ke kita. Di malam hari dengan cahaya lampu temaram lebih bahaya lagi, risiko ditabrak lebih besar karena mata pengendara tidak begitu awas melihat ke depan.

Untuk mengurangi risiko tersebut, sepeda di Taiwan sebaiknya berlampu. Bukan untuk penerang tetapi untuk menjebak perhatian pengendara sepada motor saja. Sehingga yang diperlukan hanyalah lampu kelap-kelip yang banyak dijual di supermarket atau toko sepeda. 

Kalau membeli sepeda mahal biasanya lampu ini sudah terpasang di sepeda. Sebaliknya jika murah biasanya banyak yang tidak terpasang. Seperti sepeda saya misalnya, jangankan lampu keriningan saja tidak ada.

Untuk itu, dalam beberapa hari ini saya membeli lampu LED untuk sepeda dames kesayangan saya itu. Harganya tidak terlalu mahal, hanya 129 NT, dan baterai AAA satu paket berisi 16 buah seharga 98 NT. 

Disamping itu, saya juga membeli keriningan dengan harga 59 NT. Keriningan ini perlu untuk menghalau pejalan kaki yang suka memborong jalan. Dengan sedikit suara kerincing biasanya mereka akan meminggir.
Lampu LED dan keriningan

Sepeda saya sudah dilengkapi lampu LED dan keriningan

No comments:

Post a Comment