Monday, May 4, 2015

Alergi Dengan Angka 2, pecahan Uang 200 dan 2000 NT Tak Disukai Di Taiwan

Padahal sudah dua tahun tinggal di Taiwan, namun baru hari ini saya mengetahui bahwa Taiwan mempunyai pecahan uang kertas dengan nominal 200 NT. Kalau pecahan 2000 NT sudah tahu adanya walaupun belum pernah melihatnya lansung.

Tidak seperti biasanya, hari ini, ketika menarik uang di anjungan tunai mandiri (ATM) Taiwan Business Bank, saya ditawarkan pilihan pecahan 100 NT dan 200 NT sebelum proses penarikan. Saya memilih pecahan 200 NT untuk mengobati penasaran saya terhadap pecahan ini.

Aneh memang, pecahan 200 NT ini termasuk pecahan kecil di Taiwan, tetapi saya tidak pernah menemukannya dalam transaksi jual beli di masyarakat. Pun di ATM bank baru kali ini saya ditawarkan uang kertas ini. Kalau pecahan 2000 NT bisa dipahami karena itu memang pecahan terbesar dalam jenjang pecahan uang Taiwan.

Usut punya usut, setelah sampai di lab, ternyata orang Taiwan tidak menyukai angka 2. Angka dua adalah angka sial, Unlucky number kalau istilah si Minh Tai Le. Sehingga pecahan 200 NT dan 2000 NT cenderung ditolak oleh masyarakat. Maka wajar pecahan itu tidak pernah bersarang di dompetku dan juga saku mereka.

Jadi sekarang saya sudah mengetahui secara lengkap pecahan uang Taiwan. Pecahan uang kertas Taiwan terdiri dari: 2000, 1000, 500, 200, dan 100 NT. Di bawah 100 NT uang dicetak dalam bentuk koin, mulai dari 50, 10, 5,  sampai 1 NT.

Untuk membandingkan harga uang Taiwan di negaranya sendiri bisa dilacak dengan harga satu botol air Aqua sedang (air mineral maksud saya), satu botolnya berharga 10 NT. Dan satu porsi nasi di warung vegetarian sekitar 50 NT. Serta satu sisir pisang uli berharga 34 NT.

Anda saya harapkan jangan bingung dengan sebutan nama mata uang Taiwan. Secara resmi mata uang Taiwan disebut dengan NTD (New Taiwan Dolar), tetapi dalam interaksi masyarakat sehari-hari sering disebut dengan NT saja, jarang sekali mereka menyebutnya dengan NTD. Sering juga mereka menyebutnya dalam bahasa Mandarin, yaitu 塊 (Kuài) atau 元 (Yuán).
2000 NTD. Sumber dari internet

1000 NTD

500 NTD. Sumber dari Internet

200 NTD

100 NTD

Koin 50, 10, 5, dan 1 NTD

No comments:

Post a Comment