Sunday, May 3, 2015

Di Taiwan, Gaji Karyawan Pabrik Dibayar Pada Tanggal 10

Baru tahu ternyata gaji karyawan pabrik di Taiwan baru dibayar pada tanggal 10 tiap bulannya.

"Bagaimana, Mbak. Hari ini lancar kah ?," saya bertanya kepada rekan saya yang sedang bekerja menawar kartu perdana gratis di salah satu warung Indo di Kaohsiung Main Station.

 "Hari ini sepi," jawabnya.

"Lagi tanggal tua, Mas," sahut Mas pelayan toko asal Ponorogo ikut nimbrung,

"Loh, ini tanggal 3 loh," tanya saya heran.

"Di Taiwan gaji baru dibayar tanggal 10. Baru tau ya ?," jawab teman saya itu sambil menunjuk ke arah saya.

Saya terus terang baru tahu kalau gaji karyawan pabrik di Taiwan dibayar 10 hari setelah PNS Indonesia menerima upah dari jerih payahnya. Bahkan untuk karyawan swasta di Indonesia tanggal 25 sudah dibayar.

Jadi wajar saja hari Minggu ini (tanggal 3) Kaohsiung Main Station yang biasanya disesaki oleh WNI pekerja mendadak menjadi sepi bak lebaran hari pertama di Jakarta. Sepi tak bergairah. Pelayan-pelayan toko pun bisa duduk santai tak sesibuk hari Minggu biasanya.

No comments:

Post a Comment