Tuesday, May 5, 2015

Doktor Gigi Di Taiwan

Ternyata biaya asli pembersihan karang gigi mahal juga di Taiwan. Total biayanya sebesar 935 NT, dalam Rupiah kira-kira sebesar Rp374.000.

Itu biaya asli seandainya kita tidak mempunyai kartu asuransi. Saya memiliki asuransi, maka saya hanya perlu membayar 100 NT, selebihnya ditanggung oleh National Health Insurance.

Barusan saya pergi ke doktor gigi untuk membersihkan karang gigi saya yang sudah 2 tahun tidak saya bersihkan. Tapi tidak terlalu kotor juga, karena saya selalu memantau kondisi gigi pasca pelepasan kawat gigi.

Tindakan yang diambil, pertama saya disuruh berkumur dengan cairan yang berwarna merah jambu. Dengan cairan itu karang gigi terlihat jelas karena warna merah jambu itu hanya akan lengket pada karang gigi, tidak pada struktur gigi.

Yang kedua, pembersihan dengan menggunakan penggetar ultrasonik. Saya merasakan sedikit sakit dalam proses ini, kelihatannya memang agak kasar kerja doktor ini. Gusi saya terasa sakit ketika disodok-sodok dengan ujung penggetar ultrasonik yang runcing itu.

Yang terakhir sebagai penyelesaian (finishing), gigi saya dibersihkan dengan sikat putar yang telah diolesi dengan sesuatu yang rasanya mirip pasta gigi.

Setelah itu saya diberi nasehat bagaimana cara menyikat gigi yang baik serta bagaimana cara membersihkan kotoran di sela-sela gigi dengan benang Oral-B.

Untuk Oral-B ini kelihatannya dia agak mempromosi sedikit produk ini. Memang iya, pada akhirnya saya dianjurkan untuk membeli benang itu. Saya pun membelinya, harganya sebesar 50 NT.

Tidak rugi juga saya membelinya karena memang saya memerlukan benang itu. Saya sering bermasalah dengan selilit setelah makan daging karena gigi geraham saya agak sedikit jarang sehingga daging sering menyelip di situ.

Karena ada beberapa lubang di gigi saya, saya bilang ke doktor itu bahwa minggu depan saya akan berkunjung lagi untuk menjalani proses tambal gigi.
Setruk pembayaran

Paket benang Oral-B

1 comment: