Tuesday, May 12, 2015

Kebiasaan Kami Makan Pakai Tangan Menghebohkan Teman Vietnam

Seperti yang saya duga sebelumnya, ternyata kami makan pakai tangan di acara pesta ulang tahun teman kami kemarin, mengundang perhatian banyak teman Vietnam. Mereka tidak terbiasa melihat orang makan pakai tangan. Bisa jadi, ini akan sangat menjijikkan bagi mereka.

Barusan sehabis rapat di lab, Phong, salah satu teman Vietnam bertanya kepada saya, "Usman, saya melihat salah satu teman kamu makan pakai tangan dalam video pesta kemarin, kenapa ?". "Bukan hanya dia, saya juga makan pakai tangan di pesta itu,'" jawab saya sambil tergelak.

"Saya tiap hari makan pakai tangan di lab, kamu tidak tahu, ya ?," tanyaku. Minh Tai datang menyela pembicaraan kami, "Saya tahu," kata Minh Tai dengan nada santai, "Sebelum makan dia cuci tangan dulu," jelas Minh Tai kepada Phong. Phong mengangguk. Dia telat informasi tentang ini kayaknya.

Setelah itu saya menjelaskan kepada dia soal itu. "Memang budaya makan kami sebenarnya harus pakai tangan, karena nasi dan temannya harus dicampur dulu sebelum dimakan. Sehingga memakai tangan akan lebih mudah dan nyaman daripada pakai sendok. Apalagi pakai sumpit, sangat sulit mengaduk nasi dengan lauknya. Jadi, tangan adalah senjata paling ampuh untuk gaya makan kami."

Dia tertawa mendengar penjelasan saya itu. "Saya selalu menjaga tangan saya agar tetap bersih dan selalu memotong kuku agar terbebas dari kotoran," lanjut saya. Dia melihat ke arah kuku saya. Syukur kuku saya bersih sekali hari ini. Kalau kotor tentu bikin malu.

Memang selama ini dia pernah melihat sebuah video orang India yang makan pakai tangan. Namun dia tidak tahu kalau orang Indonesia juga ada yang makan pakai tangan. Baru setelah melihat video pesta yang saya unggah kemarin, dia jadi tahu tentang kebiasaan makan kami.

Ini video pesta ulang tahun yang saya unggah kemarin dan sempat dilihat oleh teman saya itu:


Saya curiga, video orang India makan pakai tangan yang dilihat oleh si Phong adalah video berikut:


Kalau iya, wajar dia geleng-geleng kepala ketika melihat kami makan pakai tangan, Hahaha. Tentu kami tidak seperti ini lah, teman.

No comments:

Post a Comment