Saturday, October 3, 2015

Menukar Uang Rupiah Di Taiwan

Dulu waktu mau berangkat degree bridging ke Taiwan, kami sempat dirundung kecemasan. Masalahnya adalah, uang saku untuk tiga bulan di Taiwan langsung diberikan tunai dalam mata uang Rupiah sesaat sebelum berangkat. Sontak semua pada bingung. Katanya sulit mencari money changer yang menerima uang rupiah di Taiwan.

Ketakutan ditambah lagi dengan adanya peserta yang sudah mempunyai uang NTD yang dia beli sendiri di Surabaya. Saya dari Aceh, mendengar money changer saja baru hari itu, alih-alih membeli NTD. Dia juga berkata, kita akan kesulitan menukar uang rupiah di sana, kecuali dolar Amerika.

Kegalauan bergulir begitu saja tanpa ada keterangan apapun dari pihak DIKTI tentang bagaimana nasip uang Rupiah di Taiwan, bisa ditukar ataukah tidak. Kecemasanku diperparah lagi dengan keterangan-keterangan dari teman, yang setelah saya tiba di Taiwan, ternyata tidak benar.

Dalam kecamuk kebingunan itu, kami semua berpencar naik taksi menuju mall-mall yang ada money changer-nya. Sesampai di sana, ternyata tidak satu pun money changer yang menyediakan NTD. Pilahannya, dengan terpaksa, harus jatuh kepada dolar Amerika. Semua uang saku yang diberikan DIKTI kala itu saya beli dolar Amerika. Dolar itulah yang saya boyong ke Taiwan.

Sesampai di Taiwan, tepatnya di Bandara Internasional Kaohsiung, ternyata semua money changer di situ menerima penukaran uang Rupiah. Ternyata informasi yang menakutkan yang beredar di kalangan peserta degree bridging sesaat sebelum berangkat, sama sekali tidak benar. Tapi cukup untuk membuat saya cemas.

Saya sempat menukar sedikit uang Rupiah saya di bandara Kaohsiung itu, Rupiah yang tersisa sebelum naik pesawat. Seandainya tahu begini, saya tidak akan sibuk-sibuk membeli dolar Amerika di Jakarta, yang mengakibatkan uang jadi terpotong dua kali, ketika beli dolar dengan rupiah dan ketika beli NTD dengan dolar Amerika.

Di Taiwan ada dua bandara besar yang menjadi pintu masuk ke negeri Formosa ini: Kaohsiung International Airport dan Taoyuan International Airport di Taipei. Di kedua bandara itu, di jalan keluarnya, pasti tersedia money changer yang menerima segala jenis mata uang, termasuk Rupiah. Saya merekomendasikan money changer dari Bank of Taiwan yang ada di kedua bandara tersebut.

Jika Anda tidak sempat menukar uang di bandara dan kesulitan mencari bank yang menerima Rupiah di Taiwan, beberapa warung Indonesia di Taiwan juga menerima penukaran uang Rupiah ke NTD. Walaupun ini tidak saya rekomendasikan karena tidak resmi. Akibatnya, rate yang ditawarkan juga tidak menentu. Biasanya NTD lebih bahal dijual di sana. Memang kalau mau menukar uang, lebih baik pergilah ke bank.

--------------------------------------------------
Berikut tautan penting yang mungkin bisa Anda gunakan untuk petunjuk menukar uang sebelum Anda memasuki Taiwan.

Rate Bank of Taiwan bisa dicek di tautan berikut:
http://rate.bot.com.tw/Pages/Static/UIP003.en-US.htm.

Dan informasi money changer di Bandara Taipei bisa cek di tautan ini :
http://www.taoyuan-airport.com/english/service_detail/?storeName=Bank%20Of%20Taiwan%20(24%20hours%20Currency%20Exchange)

Untuk money changer Bandara Internasional Kaohsiung bisa di cek di tautan ini:
http://www.kia.gov.tw/English/ServiceEng/AirportServicesEng/CurrencyEng.htm

6 comments:

  1. Trmksh infonya pak, kebetulan saya awardee caldos bppln dikti yg jg akan kul di nkus bulan sept 2016. Kbngungan saya trjwb soal convert uang.


    ReplyDelete
  2. Mau tanya bro
    Kalau di seputaran xindian district office, dimana yah t4 tukar uang??
    Kmrn kebnykan tukar dolar SG
    Mw tukar NTD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf, Mas. Saya malah ga tahu di mana itu Distric Office. Cari saja toko Indo terdekat.

      Delete
  3. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete