Saturday, January 12, 2013

Pameran Di NKUAS, Mulai Dari Mobil Listrik Sampai Dengan Alat PeramalKepribadian

Hari ini ada pameran di National Kaohsiung University of Applied Sciences. Saya sebut saja pameran teknologi, karena saya tidak tahu judul pamerannya. Jelas saja saya tidak ngerti, semua tulisan ditulis dalam karakter Mandarin. Sehingga saya tidak bisa membacanya. Pameran teknologi, mungkin ini benar, masalahnya yang dipamerkan adalah teknologi hasil karya dari mahasiswa kampus ini. Walaupun saya juga melihat ada produsen-produsen luar yang ikut ambil bagian dalam pameran tersebut.

Mobil Listrik

Stan pertama yang saya kunjungi adalah stan-nya anak elektronika. Mereka merancang sistem elektronik untuk mobil listrik. Saya kurang mengerti elektronik, sehingga saya agak kurang begitu nyambung ketika penjaga stan menjelaskannya kepada saya. Tetapi secara umum saya menangkapnya bahwa alat yang dirancang adalah berupa piranti elektronik untuk mengatur semua sistem mobil listrik. Pendeknya, saya sebut saja CPU-nya motor listrik.

Saya dan Professor yang membimbing mahasiswa dalam perancangan mobil listrik. Sumber: Koleksi pribadi
Terus terang saja, walaupun saya sudah lama mendengar tentang mobil listrik, tetapi baru kali ini saya melihat langsung wujud dari mobil listrik tersebut, bahkan saya melihat sampai ke piranti-piranti dalamnya karena penutup mesin dibuka untuk diperkenalkan kepada kami. Saya melihat di bagian depan mesin ada sebuah baterai kecil, sama seperti baterai pada mobil biasa. Awalnya saya menduga bahwa baterai ini yang akan menggerakkan mobil listrik tersebut. Ternyata bukan, baterai yang kecil ini hanya digunakan untuk menghidupkan piranti elektronik mobil tersebut sebagaimana pada mobil biasanya. Jadi bukan untuk menggerakkan mobil tersebut. Pantasan ukurannya kecil. :-D

Piranti-piranti mobil listrik yang terletak di sebelah depan. Dalam lingkaran merah adalah barerai untuk menghidupkan piranti elektronik mobil. Sumber: Koleksi pribadi
Terus baterai untuk menggerakkan mobil yang mana?, Baterai tersebut ternyata berada di bagian belakang mobil. Ukurannya ternyata lumayan besar . Untuk mobil sekecil ini saja membutuhkan baterai sebesar itu, bagaimana kalau mobilnya seukuran trek pasir ya?, pasti membutuhkan baterai yang besar lagi. Oleh karena itu, desain yang matang harus dilakukan agar supaya penempatan baterai tidak mengganggu estetika mobil.



Baterai untuk penggerak mobil. Diletakkan di bagian belakang, tempat yang digunakan untuk bagasi pada mobil biasa. Sumber: Koleksi pribadi

Terus bagaimana dengan cara mengecas baterainya dan berapa lama waktu yang dibutuhkan?. Menurut keterangan Profesor, ada dua pilihan cara cas baterai mobil ini, cara cepat dan lama. Cas cepat membutuhkan waktu 40 menit sedangkan cas lama membutuhkan waktu 2 jam. Kesimpulan saya, ternyata lama juga untuk mengecasnya. Bagaimana tidak, kita membutuhkan waktu minimal 40 menit untuk mengisi ulang tenaga mobil ini , sementara untuk mobil biasa hanya membutuhkan waktu 1 menit untuk mengisi bensin. :-(

Mobil Dengan Bahan Bakar Hidrogen

Selesai sudah tentang mobil listrik. Selanjutnya saya menuju ke stan berikutnya. Stan ini juga memamerkan mobil, namun mobil ini digerakkan oleh sel bahan bakar (fuel cell) dengan hidrogen sebagai bahan bakarnya. Fuel cell ini adalah alat untuk merubah energi dari bahan bakar menjadi energi listrik dengan cara mereaksikannya dengan oksigen. Kemudian energi listrik ini digunakan untuk menggerakkan motor listrik pada roda mobil.

Fuel cell ini berbeda dengan baterai karena dia membutuhkan bahan bakar dan oksigen yang terus-menerus, tetapi kelebihannya dia dapat memproduksi energi tanpa henti asalkan saja bahan bakar terus disuplai. Berbeda dengan barerai yang harus dicas dulu. Fuel cell ini ada banyak macamnya, namun yang dipakai pada mobil di pameran itu adalah PEMFC, Proton Exchange Membran Fuel Cell.
Aku dan kru perancang Mobil yang digerakkan oleh PEMFC dengan bahan bakar hidrogen. Sumber: Koleksi pribadi

Mobil Tenaga Surya

Mobil dengan tenaga matahari juga dipamerkan tidak jauh dari kedua jenis mobil tadi. Mobil ini digerakkan oleh solar cell dengan cara mengubah energi panas matahari menjadi energi listrik. Saya rasa jenis mobil ini sudah sering kita dengar. Bahkan solar cell sudah sering kita gunakan, seperti pada kalkulator misalnya.



Mobil tenaga surya dengan menggunakan solar cell. Sumber: Koleksi pribadi

Mesin Peramal

Peramal? Saya paling tidak suka sama peramal. Tetapi kamarin di pameran tersebut saya pingin mencoba kepribadianku untuk diramal. Selama ini biasanya yang meramal adalah manusia, tetapi di Taiwan ternyata sudah ada mesin peramalnya. Memang manusia sudah tidak perlu kerja apa-apa lagi. Jelas saja, sampai pekerjaan meramal saja sudah bisa diganti oleh mesin. :-)
Saya sedang melakukan scannning sidik jari untuk proses peramalan. Sumber: Koleksi pribadi
Awalnya saya hanya ingin melihat-lihat saja para pengunjung yang ingin diramal kepribadiannya. Akhirnya jadi kepingin juga. Input yang dibutuhkan oleh mesin peramal ini adalah golongan darah dan sidik jari kedua jempol tangan. Kebetulan golongan darah saya adalah "B". Setelah mengimput golongan darah maka operatornya meminta saya untuk meletakkan kedua jempol tangan pada scanner untuk merekam sidik jari saya. Setelah selesai di-scan terus programnya dieksekusi dan hasilnya terus muncul di monitor . Saya menjepretnya seperti gambar di di bawah ini.
Hasil dari ramalan kepribadian saya. Sumber: Koleksi pribadi

Hasil ramalannya tertulis dalam karakter Mandarin, sudah pasti saya tidak mengerti. Saya minta operatornya untuk menerjemahkannya untuk saya. Tetapi sayang, kemampuan bahasa Inggris operator tersebut sangat minim. Sehingga saya terpaksa memphoto saja tulisan tersebut dan rencana saya mau meminta dosen bahasa Inggris saya untuk menerjemahkannya, karena kebetulan setelah dari pameran saya ada kelas bahasa Inggris.

Ketika saya tunjukkan hasil ramalan ini, dosen saya itu ketawa dan menanyakan "Do you like fortune teller?, terus saya jawab "actually no, It's just for fun". Terus satu persatu hasil ramalan kepribadian saya dibacakan oleh ibu itu di depan kelas dan juga didengarkan oleh seluruh teman saya di kelas. Saya pakai untuk ketawa-ketawa saja, biar semarak. :-D

Dari hasil ramalan itu katanya saya orangnya sensitif, terlu banyak mikir kalau mau mengerjakan sesuatu, dan tidak suka dikritik. Tetapi sebaliknya saya orangnya ramah, bijaksana, dan jujur. hehehe

Benar apa tidaknya itu terserah sama teman-teman saja lah. :-D . Tetapi menurut saya itu ramalan sangat mewakili watak saya, baik yang negatif maupun yang positif. Saya yakin saja karena program ini disusun berdasarkan data statistik. Jadi tidak seperti ramalan biasa yang hanya ngarang-ngarang dan asal-asalan. :-D

Simulasi Mesin Frais Tiga Dimensi

Software simulasi mesin frais ikut dipamerkan juga. Software ini adalah hasil karya dari mahasiswa teknik mesin di kampus NKUAS. Software ini sangat berguna untuk latihan awal untuk mahasiswa. Sebelum program CNC dijalankan pada mesin sebenarnya, maka akan dicoba dulu dengan menggunakan software ini. Jika sudah berjalan sebagaimana yang diharapkan baru dijalankan pada mesin CNC. Sehingga lebih aman, karena jika terjadi kesalahan tidak akan merusak alat.
Saya sedang mencoba simulasi mesin frais 3D. Simulasi terlihat sangat nyata. Sumber: Koleksi pribadi

Mobil Dengan Penggerak Air Garam

Mobil ini menggunakan fuel cell yang menggunakan air garam. Fuel cell tersebut akan menghasilkan energi listrik jika ditetesi dengan air garam. Saya terus terang baru melihat teknologi ini, walaupun sebenarnya bukan hal yang baru juga. Ketika saya browsing di internet ternyata lumayan banyak juga informasinya. Kalau mau cari di internet coba saja googling dengan kata kunci "salt water fuel cell", maka hasilnya akan keluar banyak sekali. Cuma kelihatannya fuel cell ini banyak digunakan untuk mobil-mobil mainan.
Mobil Mainan yang digerakkan oleh salt water fuel cell. Sumber: Koleksi pribadi

Walaupun masih hanya digunakan untuk mobil mainan, saya rasa fuel cell ini tetap masih ada potensi digunakan untuk menghasilkan energi yang besar, sehingga bisa digunakan untuk keperluan memenuhi energi mesin dengan kebutuhan daya tinggi.
Sampai di sini dulu teman-teman. Semoga bermanfaat. salam sukses dari Kaohsiung Taiwan... :-)

No comments:

Post a Comment