Thursday, May 14, 2015

Balut, Janin Bebek Yang Sangat Digemari Teman Vietnam

Balut, atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan fertilized duck egg adalah telur bebek yang sudah ada janin di dalamnya yang diambil kira-kira sekitar seminggu sebelum menetas. Telur ini direbus dan dimakan dengan paduan saus.

Balut adalah salah satu makanan paling favorit dan nikmat bagi teman-teman Vietnam. Walaupun tetap menghargai makanan mereka, saya terus terang harus menahan nafas sejenak ketika mendengar jenis makanan ini.

Barusan  saya melihat teman Vietnam ketika berbelanja di King, salah satu minimarket yang menyediakan berbagai jenis bahan makanan dari beberapa negara, sedang membeli telur bebek. Melihat itu, saya juga rencana mau membelinya. Tetapi setelah dia bilang bahwa itu adalah telur yang sudah berjanin, maka saya mundur teratur.

Setelah berselancar di internet ternyata balut itu bukan hanya dimakan di Vietnam saja, tetapi juga di Laos, Pilipina, dan Kamboja. Dari beberapa video yang saya nonton di youtube, saya melihat memang mereka sangat menikmatinya.

Menurut keterangan teman Vietnam, penjual balut sangat mudah dijumpai di Vietnam. Di pinggir jalan-jalan strategis kita bisa menemukan penjual balut bertebaran sepanjang jalan.

Rasanya sangat enak, katanya. Memang banyak orang asing akan kaget ketika pertama kali melihat hidangan balut ini. Tetapi setelah mencoba sekali, mereka dijamin akan ketagihan, begitu kata rekan saya itu.

Balut yang siap dimakan. Sumber: internet

Menyantap balut di Vietnam. Sumber: youtube

No comments:

Post a Comment