Wednesday, July 8, 2020

Tutup Rantai Sepeda Motor

Saya agak heran, kenapa pemerintah Indonesia tidak membuat sebuah kebijakan, yang mewajibkan seluruh produsen sepeda motor bertransmisi rantai, jika mau produknya diekspor ke Indonesia, maka harus ada penutup rantainya.

Hal ini, saya rasa, senada saja dengan kasus produsen mobil yang mau menjajakan produknya di Indonesia, maka mereka diwajibkan mendesain setir sebelah kanan. Karena Indonesia adalah salah satu negara yang berlalu lintas lajur kiri.

Kalau setir mobil saja bisa dibolak-balik, maka kalau hanya menambah sedikit desain tutup rantai untuk sepeda motor, saya rasa itu hanya pekerjaan yang setara dengan menghabiskan sepotong kue di pagi hari. Mudah sekali.

Banyak sudah korban berjatuhan dari golongan kaum hawa karena roknya tertarik gigi jentera rantai. Hari ini, orang kampung saya, yang juga masih kerabat, koma di rumah sakit karena kepalanya terantuk jalan setelah mengalami kasus tersebut.

Padahal sebangsat-bangsatnya Covid 19, belum berani nyolek-nyolek orang Blangjruen. Kan belum ada kasus positif, kan? Positif hamil mungkin banyak. Tapi kalau ulah gigi jentera rantai, sudah sering kali terjadi. Apalagi di Aceh, dia adalah salah satu alat efektif pencabut nyawa para ibu-ibu.

No comments:

Post a Comment