Wednesday, June 10, 2020

Hobi baru

Saudara-saudara, baru kali ini, lo, saya punya hobi yang agak sejalan dengan pendidikan formal saya Teknik Mesin. Ngoleksi perkakas bengkel. Yang makin lama makin lengkap saja. Belinya satu per satu. Sesuai kebutuhan.

Seharusnya memang orang mesin hobinya ya bongkar-bongkar mesin. Bukan malah khatam-khatam novel dan buku-buku sejarah. Sampai-sampai saya divonis ahli sastra, dan pernah sekali waktu diajak membedah sebuah novel dimana saya khusus membahas segi bahasanya. Ajaib, kan?

Dan, lagi, karena sering khatam-khatam buku sejarah, pun saya sempat pula dianggap sebagai ahli sejarah. Lebih-lebih sejarah Aceh dan Islam. Resiko, yang namanya suka khatam buku, ya, mesti banyak tahu. Dan akibatnya banyak ditanyai ini itu sama orang.

Itu masih belum seberapa, karena suka baca-baca buku Ilmu Astronomi Islam atau Falak, dan akhirnya mengerti betul ilmu tersebut, maka saya pun dianggap sebagai ahli Falak atau ahli hisab.

Malah lebih parah lagi, ada beberapa orang berpikir bahwa saya mengambil master dan doktor di bidang Falak. Padahal saya mutlak berpendidikan perancangan mesin, dari diploma tiga sampai doktor. Tak pernah semiang kalam pun berbelok.

Haduh. Saya ini memang ahlinya ahli. Intinya inti. Core of the core. Tapi, maaf, tidak melayani peminjaman alat. Karena biasanya, kalau minjam pasti enggak balik lagi.
Koleksi perkakas bengkel yang sejauh ini saya punyai di rumah. Jumlahnya akan terus bertambah seiring berjalannya waktu dan pergantian zaman

No comments:

Post a Comment