Sunday, March 22, 2015

Unit Satuan Dalam Abaqus

Abaqus tidak mempunyai unit satuan. Makanya ketika kita melihat hasil dari analisis Abaqus satuan tidak pernah dicantumkan. Awalnya saya sempat bingung ketika pertama kali menggunakan software ini. Tapi setelah mengetahuinya sekarang menjadi mudah.

Abaqus menyerahkan kepada kita satuan apa yang akan kita pakai. Misalnya, untuk gaya kita mengambil Newton (N), dimensi part kita ambil milimeter (mm). Maka nanti hasil dari analisis akan mengikuti itu. Seperti Tegangan misalnya, pasti akan bersatuan N/mm2, walaupun tidak tertulis di situ. Semua yang kita masukkan ke Abaqus hanya nilainya saja. Sedangkan satuan kita simpan diingatan kita.

Misalnya begini. Ada sebuah pipa dengan diameter  0,005 meter dan panjang 0.5 meter akan ditarik dengan gaya 3000 kN. Kalau kita membuat simulasi di Abaqus dengan menginput nilai apa adanya, maka nanti tengangannya akan bersatuan (kN/m2). sebaliknya jika satuan kita ubah ke mm dan N, maka nanti tegangannya dalam satuan N/mm2.

Sehingga walaupun di output tidak tertulis satuan, kita akan tetap mengetahuinya dari input yang kita masukkan di awal proses. Oleh karena itu, kita harus konsisten dalam menggunakan satuan dari awal hingga akhir.

Dan satu lagi yang harus diingat, jika kita memberi file hasil kerja Abaqus ke teman, jangan lupa memberitahu satuan apa yang kita pakai. Jika tidak, kesalahan penafsiran akan terjadi.

2 comments:

  1. Akhirnya tau juga saya satuan dari software abaqus ini.
    Makasih banget udah buat blog tentang software ini bang.
    Kebetulan saya lg belajar software ini.
    Klu bisa di tambah lg bang tentang software ini di blognya. Hihihi...
    Makasih banget bang...

    ReplyDelete
  2. cara nentuin satuan di abaqus nya langsung diketik aja pak ? saat ngasih nilai ukuran nya ? atau bagaimana mohon batuannya hehe terimakasih

    ReplyDelete