Monday, October 1, 2018

Houston, NASA-mu Saya Kunjungi

Sebagai penggiat astronomi, sesampai di Houston, Texas, saya jadi sadar. Ternyata selama ini saya kurang pergaulan juga. Kuper. Atau mungkin tepatnya, kurang peduli sekalipun itu hal-hal yang selalu bersentuhan dengan saya.

Tentu tak perlu bertanya lagi, astronom amatir mana yang tak pernah membuka laman NASA? Tak mungkin. Sebagai astronom amatir, apalagi profesional, laman NASA sering sekali dikunjungi. Banyak sekali informasi tentang astronomi yang bisa kita dapatkan di situ.

Dan, saya baru tahu, salah satu kantor NASA itu ada di Houston, kota yang sekarang saya kunjungi, yaitu Space Center Houston. Di sinilah tempatnya misi luar angkasa Amerika dikendalikan. Dan juga di sini pula para astronot dilatih.

Sidang pembaca yang budiman, gilanya lagi, di hari pertama sampai di Houston, pihak penyelenggara training mengajak kami berkunjung ke situ. Ke NASA Space Center Houston. Bulu kudukku langsung meremang ketika Mr. Daniel bilang bahwa besok (27/9/2018) dia akan memboyong kami ke situ.

Keesokan harinya, kami dijemput dari hotel dengan bus. Nama busnya Sam's Limousin. Sekira satu jam sampai. Tak seberapa jauh. Langit hari itu mendung. Malah terkadang rintik hujan turun sebiji dua. Tanah dan rumput agak basah.

Pemandangan yang memukau langsung menyambut kami setiba di sana, yaitu sebuah pesawat penumpang besar yang menggotong pesawat ulang alik di punggungnya.

Hanya satu yang langsung terbetik di pikiranku ketika melihat pesawat itu, agak jahat sedikit saya, yaitu mau segera memamerkan foto itu ke jagad maya anak-anak astronom amatir Indonesia. Karena saya yakin mereka pasti kepengin. Biar mereka tersiksa melihat saya. Hahaha

Space Center ini diset menjadi sebuah tempat wisata. Wisata ilmiah. Di sini, kita bisa melihat bagaimana astronot dilatih. Dan pula, kita bisa melihat di balik kaca, orang-orang NASA yang sedang sibuk bekerja merancang perkakas luar angkasa. Termasuk robot.

Masuk ke situ, kita harus membeli dua buah tiket: tiket wisatanya dan tiket makan siangnya, karena mereka punya kantin. Beberapa buah kereta (tram) juga disediakan untuk mengangkut pengunjung keliling space center yang luas itu.

Yang menarik perhatian saya lagi adalah ketika kami diajak melihat roket bekas yang telah digunakan untuk meluncurkan pesawat ulang alik. Saya terkesima. Besar sekali ternyata. Perasaan, lihat di televisi tidak sebesar itu. Ternyata aslinya besar. Ada tiga roket: besar, sedang, dan kecil.

Di dalam gedung utama NASA, banyak yang bisa kita lihat. Termasuk semacam alat-alat simulasi luar angkasa yang bisa digunakan oleh pengunjung. Saya hanya melihat saja. Tidak menyentuhnya. Apalagi memakainya.

Di penghujung wisata kami hari itu, kami disambut oleh Mr. Paul Sean Hill. Dia tak lain adalah direktur operasi misi luar angkasa NASA di Space Center Houston. Tak ketinggalan, kami juga diberi kuliah singkat olehnya. Tentang kepemimpinan. Berisi.






Sumber semua foto: Hendra Saputra

No comments:

Post a Comment